Asesmen Diagnostik Kelas Tinggi SD - Pada sejatinya asesmen diagnostik merupakan sebuah egiatan pada awal pembelajaran dimulai dengan maksud serta tujuan yaitu untu mengetahui seberapa besar tingkat pengetahuan peserta didik dalam menghadapi pembelajaran nantinya.
Padakesempatan kali ini admin ingin membagikan sedikit file yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dalam kurikulummerdeka, yakni sebuah asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran serta dilaksanakan pada setiap fase.
Teman-teman pendidik sekalian secara garis umum yang disesuaikan dengan namanya asesmen di awal yang bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan atau pemahaman dasar siswa atau peserta didik serta mengetahui kondisi awal siswa dari pemeahaman asesmen awal dibagi sebagai berikut :
1. Tujuan asesmen awal non kognitif
- Mengetahui kesejahteraan psikologi dan social emosi siswa atau peserta didik.
- Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah
- Mengetahui kondisi keluarga siswa atau peserta didik
- Mengetahui latar belakang pesergaulan siswa tau peserta didik
- Mengetahui Gaya belajar, karakter serta minat siswa
2. Tujuan asesmen awal kognitif
- Mengidentifikasi capaian kompetensi siswa
- Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata siswa
- Memberikan kelas remidial atau pembelajaran tambahan kepada siswa yang kompetensinya di Bawah rata-rata
1. Mengidentifikasi siswa atau peserta didik dengan ekspresi emosi negative serta ajak berdiskusi empat mata
2. Menentukan tindak lanjut dan mengomunikasikan dengan siswa atau peserta didik serta orang tua bila di perlukan
3. Mengulangi pelaksanaan asesmen diagnostic non kognitif pada awal pembelajaran
Asesmen awal kognitif yang bertujuan untuk mendiagnosis dalam kemampuan siswa atau peserta didik dalam kemampuannya di tingkat dasar dalam topik di sebuah mata pelajaran.
Asesmen awalkognitif tentunya dapat dilaksanakan secararutin tau berkala pada awal pembelajaran, Akhir setelah guru selesai menjelaskan dserta membahas topik dan Waktu lain.
Tahapan pelaksaaan asesmen awal kognitif adalah sebagai berikut :
1. Persiapan
2. Pelaksaaan
3. Diagnosis dan tindak lanjut
Teman-teman pendidik sekalian dibawah ini merupakan file dari asesmen diagnostik kognitif dam asesmen diagnostik non kognitif dalam bentuk PDF yang dibuat oleh Tri Rahayu, S.Pd dari SD Negeri 50 Palembang, dan teman-teman pendidik mungkin ada yang berminat untuk mendownloadnya, silahkan kunjungi di Bawah ini.
Pemahaman dalam asesmen awal
Teman-teman pendidik sekalian secara garis umum yang disesuaikan dengan namanya asesmen di awal yang bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan atau pemahaman dasar siswa atau peserta didik serta mengetahui kondisi awal siswa dari pemeahaman asesmen awal dibagi sebagai berikut :
1. Tujuan asesmen awal non kognitif
- Mengetahui kesejahteraan psikologi dan social emosi siswa atau peserta didik.
- Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah
- Mengetahui kondisi keluarga siswa atau peserta didik
- Mengetahui latar belakang pesergaulan siswa tau peserta didik
- Mengetahui Gaya belajar, karakter serta minat siswa
2. Tujuan asesmen awal kognitif
- Mengidentifikasi capaian kompetensi siswa
- Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata siswa
- Memberikan kelas remidial atau pembelajaran tambahan kepada siswa yang kompetensinya di Bawah rata-rata
Tindak Lanjut Asesmen Awal Non Kognitif
1. Mengidentifikasi siswa atau peserta didik dengan ekspresi emosi negative serta ajak berdiskusi empat mata
2. Menentukan tindak lanjut dan mengomunikasikan dengan siswa atau peserta didik serta orang tua bila di perlukan
3. Mengulangi pelaksanaan asesmen diagnostic non kognitif pada awal pembelajaran
Tindak lanjut Asesmen Awal Kognitif
Asesmen awal kognitif yang bertujuan untuk mendiagnosis dalam kemampuan siswa atau peserta didik dalam kemampuannya di tingkat dasar dalam topik di sebuah mata pelajaran.
Asesmen awalkognitif tentunya dapat dilaksanakan secararutin tau berkala pada awal pembelajaran, Akhir setelah guru selesai menjelaskan dserta membahas topik dan Waktu lain.
Tahapan pelaksaaan asesmen awal kognitif adalah sebagai berikut :
1. Persiapan
2. Pelaksaaan
3. Diagnosis dan tindak lanjut
Teman-teman pendidik sekalian dibawah ini merupakan file dari asesmen diagnostik kognitif dam asesmen diagnostik non kognitif dalam bentuk PDF yang dibuat oleh Tri Rahayu, S.Pd dari SD Negeri 50 Palembang, dan teman-teman pendidik mungkin ada yang berminat untuk mendownloadnya, silahkan kunjungi di Bawah ini.
Posting Komentar untuk "Asesmen Diagnostik Kelas Tinggi SD"