Menyusun TP dan ATP dari CP Umum pada Kurikulum Merdeka - Pada kesempatan ini admin akan membagikan sebuah cara atau langkah-langkah dalam menentukan sebuah Tujuan Pembelajaran dan juga Alur Tujuan Pembelajaran sebagaimana yang tercantum pada kurikulum yang baru saat ini yaitu Kurikulum Merdeka
MENYUSUN TUJUAN PEMBELAJARAN DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN DARI CAPAIAN PEMBELAJARAN

Menyusun TP dan ATP dari CP Umum pada Kurikulum Merdeka - Istilah Capaian Pembelajaran (CP) merujuk pada kompetensi pembelajaran yang pada dasarnya memang harus dicapai oleh peserta didik dalam setiap fase perkembangan mereka. Untuk mencapai hal tersebut tentu harus ada perumusan Tujuan Pembelajaran (TP) dan juga Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang tepat.
Baik Tujuan Pembelajaran maupun Alur Tujuan Pembelajaran ini sangat penting bagi peserta didik. Pastinya dalam proses perumusan keduanya juga tidak bisa sembarangan karena harus disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dan kurikulum yang ada saat ini.
Unsur Pokok Perumusan Tujuan Pembelajaran
Memang ketika hendak merumuskan Tujuan Pembelajaran, ada unsur-unsur yang sebaiknya dipatuhi. Karena unsur-unsur tersebut mampu membantu tenaga pendidik untuk menyusun TP yang baik dan benar. Adapun untuk unsur-unsur yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Audience atau Pendengar
Unsur pertama yang wajib diperhatikan adalah audience atau pendengar dalam artian yang dimaksud adalah murid itu sendiri. Agar bisa merumuskan Tujuan Pembelajaran maka memperhatikan murid dalam kegiatan pembelajaran tersebut sangatlah penting.
2. Behavior atau Tingkah Laku
Ketika melaksanakan suatu pembelajaran, maka tenaga pendidik juga harus memperhatikan betul tingkah laku setiap murid. Inilah yang disebut dengan Behavior atau katakanlah aktivitas murid ketika melakukan pembelajaran.
3. Condition atau Kondisi
Agar bisa merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan baik dan benar, tenaga pendidik juga mesti selalu memperhatikan kondisi dari murid entah itu sebelum atau setelah melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini akan memperbesar peluang tercapainya tujuan dalam proses belajar.
4. Degree atau Perbandingan
Degree atau perbandingan bisa dimaksudkan dengan membandingkan kondisi murid baik sebelum maupun setelah belajar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tingkatan Degree salah satunya seberapa jauh murid dapat memahami materi yang telah disampaikan.
Prinsip dalam Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran
Merumuskan Tujuan Pembelajaran melalui unsur-unsur di atas saja belum cukup. Setidaknya tenaga pendidik juga harus memahami bagaimana merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran agar Capaian Pembelajaran dapat memperoleh hasil yang baik. Dalam proses merumuskan ATP ini, ada beberapa prinsip yang harus dipahami.
1. Sederhana tapi Informatif
Prinsip Alur Tujuan Pembelajaran harus dirancang dengan sangat sederhana tapi informatif agar dapat dipahami baik oleh tenaga pendidik maupun oleh murid yang bersangkutan.
2. Esensial serta Kontekstual
ATP memiliki aspek pembelajaran yang sangat penting di antaranya seperti kompetensi, konten dan juga hasil pembelajaran. Jika aspek-aspek tersebut telah dipenuhi maka murid juga mampu dan lebih mudah lagi dalam mengimplementasikan proses pembelajaran.
3. Berkesinambungan
Maksud dari berkesinambungan tak lain adalah adanya saling keterkaitan dari segi fase maupun tujuan supaya memperoleh Capaian Pembelajaran yang maksimal. Tenaga pendidik juga harus mampu dalam menyusun ATP yang berdasar pada urutan pembelajaran.
4. Mengoptimalkan Aspek Kompetensi
Dalam proses mengoptimalkan aspek kompetensi, setidaknya ada 3 yang harus dipenuhi seperti pengetahuan, sikap dan juga keterampilan. Selain itu, untuk bisa mengoptimalkan 3 aspek ini tenaga pendidik harus melakukannya sesuai dengan tahapan kognitif pada setiap murid.
5. Merdeka Belajar
Ini adalah prinsip paling penting dan utama yang meliputi kemerdekaan murid dalam berpikir maupun bertindak, memfasilitasi kreativitas murid dan pastinya harus mempertimbangkan setiap keunikan yang mereka punya. Dalam hal ini, ketika murid memiliki kemerdekaan dalam berpikir maupun bertindak, mereka juga harus memiliki tanggung jawab terhadap hal tersebut.
6. Adaptif serta Fleksibel
Bagaimanapun, ATP harus dilakukan dengan sangat fleksibel dan pastinya adaptif bagi setiap murid dan tentu saja disesuaikan dengan karakteristik murid tersebut, mata pelajaran hingga satuan pendidikan.
7. Operasional serta Aplikatif
Ketika melaksanakan proses perumusan Alur Tujuan Pembelajaran, maka harus dilakukan dengan operasional dan aplikatif yang artinya dapat memvisualisasikan hingga mendeskripsikan baik proses pembelajaran maupun penilaian secara utuh.
Kemudian Bagainama Langkah-Langkah untuk menentukan Tujuan Pembelajaran? simak penjelasannya berikut ini :
1. Langkah yang pertama dan yang paling utama bapak/ibu dan teman-teman guru sekalian yakni membuka Capaian Pembelajaran atau CP yang dikeluarkan pemerintah atau bisa do unduh DISINI
2. Kemudian Siapkan sebuah file dengan beberapa kolom seperti gambar di bawah ini,
3. Kemudian masukkan dari setiap kolom (point 2) sesuia dengan CP atau capaian pembelajaran yang dikeluarkan oleh pemerintah (Point 1) seperti gambar di bawah ini

4. Jangan lupa beri tanda untuk kompetensi berwarna biru dan konten berwarna kuning, sehingga jika di kelompokan ke dalam kolom jadinya seperti di bawah ini
5. Kemudian tentukan Tujuan Pembelajarannya dengan melihat pada kopetensi dan juga konten setiap elemnnya dengan catatan dalam penentuan Tujuan Pembelajaran ini guru memang harus kreatif dan inovatif, sebagai contoh berikut ini
Kemudian Bagaimana Langkah-Langkah dalam Menyusun ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran?Simak Penjelasan Berikut ini :
1. Siapkan file Tujuan Pembelajaran atau TP yang telah teman-teman guru buat tadi
2. Kemudian siapkan file dengan beberapa kolom, seperti gambar berikut ini :
3. Kemudian isi kolom yang pertama dengan kalimat tujuan pembelajaran yang telah teman-teman guru tadi buat, tinggal copy paste saja. seperti gambar di bawah ini
4. Kemudian isi kolom selanjutnya yaitu kolom elemen sesuia dengan CP atau Capaian Pembelajaran yang di keluarkan oleh pemerintah atau yang dibuat tadi, seperti gambar di bawah ini
5. Selanjutnya kolom topik ada 2 kolom yaitu konten dan kompetensi, teman-teman bisa langsung mencopy pastekan pada kolom yang awal tadi dalam membuat Tujuan Pembelajaran, seperti gambar di bawah ini
6. Kemudian prakiraan jumlah JP atau Jam Pelajaran silahkan teman-teman guru bisa diisi sesuai dengan pembelajaran akumulasi selama persemester contoh misalkan seperti gambar dibawah ini
7. Dimensi Profil Pelajara Pancasila dan dalam pengisian kolom ini teman-teman guru bisa merefrensi di CP atau capaian Pembelajaran yang di keluarkan oleh pemerintah atau bisa dikembangkan sendiri seperti bernalar kritis, kerja sama, gotong royong dll, seperti contoh gambar di bawah ini
8. Media Pembelajaran merupakan alat bantu yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas boleh diisi lebih dari satu, seperti gambar di bawah ini
Dalam cara Penentuan TP atau Tujuan Pembelajaran dan ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran ini dapat di gunakan di berbagai Mata Pelajaran jadi semuanya bisa menggunakan cara atau langkah ini.
Itu adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam proses merumuskan Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran agar dapat memperoleh Capaian Pembelajaran yang baik dan benar.
Semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi refrensi bagi teman-teman guru sekalian.
Posting Komentar untuk "Menyusun TP dan ATP dari CP Umum pada Kurikulum Merdeka"